Walk It Off – Susutkan Lemak Dengan Cepat!

0
459

WALK-IT-OFFBerjalan kaki terbukti ampuh merampingkan paha: Para wanita usia 18 hingga 30 tahun yang berjalan kaki minimal selama 4 jam per minggu, ternyata 44 persen lebih banyak turun bobot ketimbang mereka yang sama sekali tak pernah berjalan kaki – bahkan juga bila dibandingkan dengan jenis olahraga lain, demikian hasil studi American Journal of Clinical Nutrition. Untuk bisa mencapai 240 menit jalan kaki selama satu minggu, ikuti saja program sederhana yang dirancang Malin Svensson, seorang pecinta jalan kaki dan pakar kebugaran di Los Angeles. Kamu tak hanya bisa membakar 1300 kalori dalam minggu ini tapi juga mengencangkan area paha yang biasanya penuh dengan selulit dan gelambir lemak. Ayo mulai!

TEKNIK JALAN KAKI Berjalanlah setiap hari selama 45 menit. Program Burn-and-Firm workout ini akan membakar 240 kalori. “Teknik ini membentuk otot perut hingga betis dan membangun kekuatan tubuh kamu,” cetus Svensson, penulis Nordic Walking yang selalu mengajak kliennya berlatih jalan kaki. Untuk membuat tubuh jadi lebih ideal, imbangi dengan memahat tubuh atas dan praktikkan empat gerakan dari Essential Upper Body Shapers, di halaman 67. Sekarang, berjalanlah!

BURN-AND-FIRM WORKOUT

Mulailah berjalan dengan kecepatan sedang selama 4 menit, lalu lanjutkan dengan gerakan jalan kaki yang bersifat mengencangkan ini, selama 5 menit. Selingi dengan jalan cepat. Untuk pendinginan tubuh, kembali berjalan dalam tempo sedang selama 4 menit.

HEEL WALK

TARGET: bokong, betis

– Kaki kanan melangkah ke depan, lalu tumit menyentuh tanah lebih dulu.

– Berat badan bertumpu pada bagian tengah tumit kanan, saat kaki menyentuh tanah , dengan cepat kaki kiri melangkah ke depan, dan mendarat dengan tumit.

– Jika melangkah dengan kaki kanan, maka ayunkan tangan kiri, begitu sebaliknya. Atur kecepatan setiap langkah, dan

– Teruskan lakukan heel walk selama 1 menit, ambil langkah pendek tapi cepat.

TOE WALK

TARGET: bahu, perut, betis

– Berjalan cepat dengan berjinjit, berat badan bertumpu pada jari-jari kaki. Melangkah pendek .

– Secara simultan, dorong kedua lengan ke atas kepala: Mulai dengan posisi tiang gawang, tekuk siku 90 derajat, buka kedua lengan ke samping dan angkat setinggi bahu, tangan mengepal, telapak tangan mengarah ke depan.

– Dengan cepat luruskan lengan ke atas kepala, buka kepalan tangan dan telapak tangan saling berhadapan.

– Terus lakukan toe walk selama 1 menit, sambil berkesinambungan praktikkan gerakan tiang gawang dan luruskan lengan di atas kepala.

BALANCE WALK

TARGET: perut, pinggul

– Kaki kanan melangkah ke depan, luruskan lengan di atas kepala, telapak tangan saling berhadapan. .

– Saat kaki kanan menyentuh tanah, tekuk lutut kiri angkat setinggi pinggul atau lebih tinggi dan dengan cepat turunkan kedua lengan agar bisa bertemu dengan lutut kiri, jaga kecepatan.

– Ulangi, angkat lengan saat kaki kiri menyentuh tanah dan turunkan lengan dengan cepat saat lutut kanan diangkat setinggi pinggul.

Terus lakukan balance walk selama 1 menit, jaga agar postur tubuh tetap tegak.

GROUCHO WALK

TARGET: bokong, paha

– Kaki kiri melangkah ke depan sejauh mungkin, turunkan pinggul sedekat mungkin ke tanah.

– Saat tubuh turun ke bawah, kencangkan bokong sembari langkahkan kaki kanan ke depan dengan cara menyeretnya.

– Terus lakukan groucho walk selama 1 menit, ayun lengan, tekuk siku. (fitness/yel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here