Ternyata Jerawat Bisa Menular Lewat Handuk

0
389

Delapan puluh persen remaja mengalami masalah jerawat. Dan bahkan hingga dewasa, jerawat masih jadi masalah yang tidak mudah ditangani.

Menurut Mayo Clinic, jerawat disebabkan karena diri sendiri kurang menjaga kebersihan. Bakteri penyebab jerawat jadi punya kesempatan berkembang biak dan membuat kulit ditumbuhi jerawat.

Bila kamu merasa sudah menjaga kebersihan wajah namun masih muncul jerawat, coba ingat kembali…

1. Apakah kamu sering memegang jerawat dengan tangan?

2. Apakah kamu rutin mengganti handuk yang dipakai?

Nah, dua hal tersebut ternyata sering terlewatkan dan dianggap remeh oleh sebagian besar orang. Tak heran kalau jerawat menjadi semakin menyebar dan sulit diobati bukan?

Jerawat pada dasarnya ada dua jenis, whiteheads dan blackhead. Jerawat whiteheads adalah jenis komedo yang apabila dipencet mengeluarkan benda putih semi padat. Apabila terjadi iritasi dan infeksi bakteri, maka ia akan tumbuh menjadi jerawat bandel yang memerah sekaligus disertai gatal dan nyeri. Jenis jerawat lain adalah blackhead, di mana kamu akan menemukan ada benda hitam berada di dalam pori-pori kulit.

Jerawat di wajah bisa menular ke bagian tubuh lain, misalnya di punggung, dada, lengan, dan sebagainya. Demikian juga sebaliknya, penyebarannya bisa dengan mudah dibantu oleh handuk yang kamu pakai.

Penyebab utama jerawat

Seperti dilansir Livestrong.com, Mayo Clinic juga menyebutkan beberapa penyebab utama jerawat.

A. Kulit memproduksi terlalu banyak minyak
Kulit yang memproduksi minyak berlebih tentu saja akan menyebabkan pembentukan jerawat. Bakteri yang menempel pada kulit akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan.

B. Handuk mandi
Sebagian orang menggunakan handuk mandi untuk wajah dan badan. Celakanya, handuk yang kurang steril akan memperburuk kondisi jerawat dan membantu penyebarannya. Terutama apabila dipakai dengan kasar sehingga menyebabkan kulit iritasi dan meradang.

Menggosok kulit saat berjerawat faktanya dapat memaksa bakteri masuk lebih dalam ke pori-pori. Berkembang di sana dan membentuk jerawat baru.

Mencegah tumbuhnya jerawat baru

Mencegah jerawat baru ada beberapa cara. Yang pertama adalah membatasi cuci muka, sekali atau dua kali dengan menggunakan sabun lembut dan air. Gunakan handuk berbahan katun organik yang menyerap dan lembut di kulit. Selain itu, pastikan mengganti handuk kamu setidaknya seminggu sekali.

Apabila jerawat masih muncul, bantu penyembuhannya dengan krim atau obat jerawat yang disarankan dokter sehingga jerawat bisa mengering dan lekas sembuh.

(S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here