Tak Hanya Sikat Gigi, Bakteri Juga Bisa Menular Lewat Pasta Gigi

0
130

Penggunaan sikat gigi bersama tidak dianjurkan oleh pakar karena berpotensi menyebarkan bakteri dan meningkatkan risiko terserang penyakit. Selain sikat gigi, pasta gigi ternyata memiliki risiko yang sama.

Dr Neha Vyas dari Cleveland Clinic mengatakan bakteri juga bisa berpindah melalui pasta gigi. Tangan yang kotor atau sapuan sikat gigi ke ujung pasta gigi bisa saja membuat mikroba pindah dan nantinya menyerang orang lain yang menggunakan pasta gigi tersebut.

“Jika orang rumah dalam keadaan sakit, baiknya ia menggunakan pasta gigi yang berbeda. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya cross-contamination atau penularan menyilang,” tutur┬áDr Vyas, dikutip dari CNN.

Dr Vyas menjelaskan bahwa umumnya, bakteri yang masuk ke tubuh melalui sikat gigi tidak terlalu berbahaya. Sistem kekebalan tubuh akan membuat antibodi untuk bakteri tersebut sehingga tidak menimbulkan reaksi peradangan.

Namun beberapa materi yang sudah bermutasi bisa menyebabkan masalah, infeksi mulut misalnya. Atau ketika bakteri masuk ke tubuh saat sistem imun tubuh sedang lemah, kamu akan lebih rentan terserang penyakit.

Untuk itu Dr Vyas mengingatkan agar kebersihan dan higienitas sikat gigi jangan dianggap remeh. Ganti sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali. Jangan lupa untuk mencuci sikat gigi dengan bersih setiap habis dipakai.

“Cuci dengan bersih di bawah air mengalir ketika selesai menggunakan sikat gigi. Pastikan tidak ada pasta gigi atau bekas makanan yang tersisa karena bisa jadi tempat berkembangbiaknya bakteri di sikat gigi kamu,” tuturnya.

Terakhir, Dr Vyas mengingatkan, menggunakan tutup kepala sikat gigi kini tak lagi dianjurkan. Tutup kepala membuat sikat gigi menjadi lebih lembab dan membuat bakteri lebih mudah bersarang.

“Pastikan juga tempat menyimpan sikat gigi kamu tidak terlalu penuh sehingga bersentuhan dengan sikat gigi lain. Letakkan kepala sikat gigi di atas dan bebas dari air,” ungkapnya.

(S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here