Serba-Serbi Ketombe Dan Cara Menghilangkannya Secara Alami

0
257

Apa sih penyebab ketombe dan bagaimana cara menghilangkan ketombe? Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang lazim dialami oleh semua orang, baik kaum pria dan maupun perempuan. Ketombe berasal dari serpihan kecil kulit mati pada kulit kepala yang biasanya menyebabkan sensasi gatal. Ketombe dapat menyebabkan masalah lain, seperti kulit kepala kering dan rambut rontok. Ketombe juga bisa jadi faktor penyebab timbulnya jerawat.

Apa Penyebab Ketombe?

Ketombe disebabkan ketika jamur yang disebut Malassezia tumbuh di kulit kepala kamu. Ada dua jenis ketombe. Pertama ketombe yang disebabkan karena kulit kepala kering, sementara yang kedua disebabkan karena produksi minyak berlebihan pada kulit kepala.

Beberapa penyebab lainnya:

– Menyisir rambut dengan cara yang salah
– Jarang keramas
– Diet buruk
– Stres
– Kondisi medis seperti eksim dan dermatitis seboroik

Apakah Ketombe Menyebabkan Rambut Rontok?

Ketombe biasanya menyebabkan gatal pada kulit kepala, dan ketika kamu menggaruknya, folikel rambut mengalami guncangan yang dapat menyebabkan rambut rontok. Itulah kenapa kebanyakan orang yang menderita ketombe juga mengalami rambut rontok.

Apakah Diet dapat Mencegah dan Mengurangi Ketombe?

Diet seimbang sangat penting untuk hidup sehat. Selain itu juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Berikut adalah perubahan pola makan yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi ketombe:

Sertakan sayuran berdaun hijau, buah-buahan segar, dan kacang-kacangan dalam diet kamu. Telur mengandung nutrisi penting seperti protein, zinc, zat besi, vitamin B12, dan asam lemak omega-6 dan semua nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan kulit kepala.

Pastikan kamu minum delapan sampai sepuluh gelas air setiap hari. Dan hindari makanan pedas, gorengan, saus tomat, dan minuman bersoda.

Bagaimana Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami?

Menjaga kebersihan sangat penting untuk mencegah dan menghilangkan ketombe. Namun keramas rambut setiap hari bukanlah solusi yang tepat untuk masalah ketombe, kenapa? Karena bisa menyebabkan kulit kepala kamu kering dan bersisik. Jika kamu menderita masalah ketombe, cukup keramas tiga kali seminggu, dan pastikan kamu memijat kulit kepala dengan minyak alami sebelum keramas. Dan hindari penggunaan hair spray dan gel.

Untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan menghilangkan ketombe, sangat penting untuk meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Sisirlah rambut kamu secara menyeluruh setiap hari, ini dapat membantu mengatur aliran darah. Memijat kulit kepala dengan minyak alami dapat membantu membunuh jamur penyebab ketombe.

Mengurangi stres juga dapat membantu menghilangkan ketombe. Pastikan kamu tidur 8 sehari dan berolahraga secara teratur.

Selain itu, kamu bisa menggunakan bahan bahan alami berikut ini untuk menghilangkan ketombe membandel:

1. Yogurt dan Lada
Ragi dalam tubuh kita adalah penyebab yang memicu peradangan. Hal ini menyebabkan penumpukan ragi pada kulit. Meningkatkan bakteri baik dalam sistem pencernaan kita dapat mengurangi ragi dalam tubuh kita. Dan yogurt adalah salah satu sumber terbaik dari bakteri baik. Yogurt juga dapat mencegah kulit kepala bersisik dan merica adalah anti jamur.

Cara:
– Ambil 2 sdm lada hitam dan haluskan.
– Tambahkan satu cangkir yogurt.
– Aduk rata dan terapkan pada kulit kepala (pastikan kamu hanya mengoleskannya pada kulit kepala dan tidak pada rambut).
– Biarkan selama satu jam dan kemudian bilas dengan air.
– Keramas dengan shampo ringan.

Campuran dari yogurt dan lada ini merupakan salah satu kombinasi terbaik untuk menghilangkan ketombe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here