Mitos Kecantikan: Benar Atau Salah? (Part.2)

0
242

beauty myths busted old wives talesLanjutan artikel sebelumnya, masih ada juga beberapa mitos kecantikan yang sampai saat ini mungkin masih banyak dipercaya orang. Faktanya seperti apa? Simak ya!

Mitos: Jarang cuci muka menyebabkan timbul jerawat!

Fakta: Banyak cewek berjerawat yang justru cenderung mencuci muka terlalu sering dan terlalu kencang memijat wajah. Ini malah merangsang wajah semakin banyak memproduksi minyak, tuh. Cukup cuci wajah dua kali sehari dengan facial wash andalan, lalu basuh dengan air mengalir.

Mitos: Semakin banyak busa, semakin bagus kualitas shampo!

Fakta: Banyaknya busa menandakan shampo tersebut mengandung extra foaming agent yang tidak memiliki kaitan dengan kualitas shampo dalam membersihkan rambut. Sebaliknya, shampo dengan sedikit busa memiliki efek yang lebih lembut untuk kulit kepala. 

Mitos: Menggunting rambut hingga pendek membuatnya lebih cepat tumbuh.

Faktanya: Nggak pengaruh, tuh. Pusat pertumbuhan rambut berada pada akar, sedangkan menggunting rambut terjadi pada bagian batang sehingga ketika dipotong menjadi sama panjang. Karenanya ketika tumbuh kembali secara bersamaan, terlihat seperti lebih cepat.

Mitos: Sunscreen bisa melindungi rambut dari sinar matahari.

Faktanya: Beda dengan wajah, permukaan rambut tidaklah rata. Untuk melindunginya dari sinar matahari saat di pantai, lebih baik menggunakan leave-in conditioner agar rambut tidak terbakar dan tetap halus.

Mitos: Kamu bisa membuat pori-pori mengecil!

Faktanya: Nope! Tapi kamu bisa membuat pori-pori tampak lebih mengecil dengan moisturizer atau BB cream favorit. Namun, pori-pori bisa saja tampak lebih besar ketika tersumbat komedo dan jerawat.

Mitos: Agar rambut subur, gunakan shampo dua kali saat keramas.

Faktanya: Kecuali jika rambut kamu dalam kondisi sangat kotor, keramas dengan shampo cukup dilakukan sekali saja. Selebihnya, kulit kepala justru akan kekeringan sehingga merangsang produksi minyak. Hmm, nggak mau rambut semakin lepek, kan? 

Gimana, masih percaya mitos? *

 

(S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here