Mitos Kecantikan: Benar Apa Salah? (Part.1)

0
442

beauty-myth-copyBanyak banget mitos kecantikan yang bikin kita nih, perempuan suka percaya dan nggak percaya. Kalau nggak dilakukan, takut bener kejadian. Tapi kalau dilakukan, kayaknya nggak bakalan terjadi apa-apa juga. Nah, daripada bingung soal mitos atau fakta kecantikan, mendingan simak kenyataannya berikut ini ya, girls!

Mitos: Mencukur bulu kaki membuat bulu tumbuh lebih lebat!

Faktanya: Teknik cukur/shaving membuat tumbuhnya rambut baru terlihat lebih banyak karena hanya menghilangkan batang rambut bagian atas, tidak sampai ke akar. Kecuali karena adanya fluktuasi hormon atau pengobatan, rambut-rambut di seluruh tubuh tidak akan bertambah/berkurang jumlahnya, tuh.

Mitos: Mencampur skin care dari berbagai merk bisa merusak kulit!

Faktanya: Bisa jadi itu hanya kampanye perusahaan kosmetik agar konsumennya tidak “pindah ke lain hati”, tuh.  Seperti pakaian, mix-matching beberapa brand untuk mendapatkan satu look yang diinginkan, bisa juga pada kosmetik. Pakailah yang cocok pada kulit kamu, terlepas dari gengsi sebuah brand. Mahal belum tentu bagus.

Mitos: Paparan sinar matahari dapat mengurangi jerawat!

Faktanya: Saat kulit menggelap akibat paparan matahari, noda jerawat seperti terlihat berkurang. Padahal, kulit yang terpapar matahari akan menjadi lebih kering sehingga justru merangsang kelenjar minyak lebih aktif.

Mitos: Saat hari mendung, tidak perlu memakai sunscreen!

Faktanya: Walaupun terlihat seperti tak ada matahari, sinar UVA dan UVB tetap terpancar menembus awan sehingga tetap berbahaya bagi kulit!

Mitos: Kuncir ponytail membuat rambut jadi rontok dan pecah-pecah!

Fakta: Menguncir rambut terlalu kencang setiap hari membuat rambut menjadi tegang sehingga rambut menjadi rapuh. Tak hanya ponytail, gaya kepang dan gelung yang terlalu kencang juga berefek sama. Boleh saja menguncir rambut, asal jangan setiap hari, tuh.

Mitos: Junk food seperti pizza, kentang goreng, cokelat, dan keripik bikin jerawatan!

Fakta: Walaupun penelitian menunjukkan tidak ada jenis makanan tertentu yang dapat menyebabkan jerawat, mengonsumsi junkfood tetap berbahaya karena memiliki kandungan gula, garam, dan lemak berlebih yang justru bisa membuat kamu obesitas–oh no!*

(S)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here