8 Cara Kurangi Berat Badan Tanpa Harus Berusaha

0
756

Dengan bersantai di sofa orang tidak akan bisa kurangi bobot tubuh. Tapi bukan berarti orang harus banyak berolahraga dan diet ketat. Apalagi kalau kamu memiliki berat badan berlebih. Kali ini infogadis akan menjelaskan 8 cara yang bisa dilakukan walaupun kamu sibuk sekalipun, dan terbukti bisa kurangi berat badan. simak yuk!

  • Selfie
    Ternyata selfie bisa sangat berguna. Mengambil foto seluruh tubuh sekali sepekan bisa membantu kurangi 2,6% bobot tubuh dalam empat bulan. Demikian hasil studi dari Spanyol. Peneliti memperkirakan, memperhatikan besarnya ukuran pinggang setiap pekan bisa jadi peringatan untuk makan sehat dan berolahraga.
  • Makan Buah Sebelum Belanja
    Sebelum belanja, makan apel dulu. Sebuah studi dari Universitas Cornell tunjukkan, jika orang makan buah sebelum berbelanja, maka orang akan membeli 28% lebih banyak buah dan sayuran daripada “junk food”. Efek sebaliknya akan muncul jika orang makan kue sebelum berbelanja. Menurut pakar, menyantap makanan kecil yang sehat mengarahkan orang secara tidak sadar untuk beli makanan yang sehat.
  • Main Tetris
    Bermain dengan blok-blok tetris bisa mengurangi nafsu makan. Menurut studi yang dipublikasikan 2015 dalam majalah Addictive Behaviors, jika orang bermain Tetris 3 menit saja, nafsu makan akan berkurang 20%. Menurut para peneliti, permainan itu menempatkan fokus kognitif orang pada hal lain, dan mengalihkan perhatian dari makanan manis.
  • Menimbang Bobot Tubuh Secara Teratur
    Menimbang secara teratur bisa mengurangi bobot tubuh, demikian hasil studi Journal of Obesity. Menurut peneliti, orang yang menimbang setiap hari bisa kehilangan sekitar 2 kg dalam setahun. Sementara orang yang sama sekali tidak menimbang, mereka hanya kehilangan 0,5 kg. Timbangan berikan “feedback” tentang langkah yang berhasil dan tidak.
  • Jalan-jalan Setengah Jam
    Jika kamu tidak berolahraga, berjalan-jalan sedikit selama 30 menit setiap hari sudah membantu mengurangi sekitar tiga centimeter ukuran pinggang dalam 12 pekan. Demikian hasil studi di Cina. Itu berarti satu ukuran lebih kecil, jika kamu membeli celana panjang. Dan itu dicapai tanpa kamu harus mengeluarkan keringat.
  • Tarik Napas Diantara Tiap Gigitan
    Makan perlahan membantu orang untuk jadi lebih kurus. Demikian hasil penelitian di Jepang. Jika orang mengunyah makanan dalam jangka waktu lama, otak lebih punya kesempatan untuk menyadari bahwa perut sudah penuh, sehingga orang makan dalam jumlah lebih sedikit. Bukan itu saja. Jika orang makan secara lambat, gula darah naik secara terkontrol, dan ini menolong meregulasi nafsu makan.
  • Tidur Singkat Disela Kerja
    Tidur penting untuk regulasi nafsu makan, demikian hasil penelitian dari Stanford University. Menurut peneliti, kurang tidur menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon ghrelin, yang memicu orang makan lebih banyak, dan mengurangi produksi hormon leptin yang memberi informasi jika perut sudah penuh.
  • Makan Pizza Sekali Sepekan
    Jika sulit laksanakan diet setiap hari, tetapkan satu hari di mana kamu jeda berdiet. Menurut peneliti di Portugal, orang yang terapkan trik ini kurangi bobot tubuh dalam jumlah sama seperti mereka yang lakukan diet penuh. Yang lakukan trik lebih bermotivasi untuk laksanakan diet penuh setelah dua pekan. Upaya kurangi bobot tubuh juga harus menyenangkan. Jika porsi sesuai, hasil diet tetap bagus.

(KS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here