7 Cara Sembuhkan Patah Hati

0
100

patahhati_smallPutus dengan orang yang kisa cintai, pastilah menyakitkan hati. Namun bila suatu keadaan tak lagi bisa dipertahankan, putus cinta menjadi pilihan. Hal ini kadang yang membuat luka hati. Apalagi jika kamu berada di pihak yang diputus.

Larut dalam kondisi patah hati menjadikan kamu tak bersemangat atau sulit untuk move on. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa move on mengatasi patah hati dengan cepat. Seperti yang dilansir All Women Stalk dan dikutip situs wolipop:

1. Putuskan Kontak
Sama sekali tidak berkomunikasi dengan mantan memang sulit, terlebih lagi jika kamu masih mencintainya. Tapi ini adalah langkah pertama yang penting. Jika ingin sakit hati segera sembuh, kamu harus memutus semua bentuk komunikasi dengan mantan kekasih setidaknya untuk sementara waktu. Dengan tidak berbicara dengannya, kamu akan merasakan perbedaan yang besar.

2. Teriak dan Menangislah
Keluarkan semua perasaan kamu, tak perlu dipendam. Menangis jika sedih, teriaklah bila kesal. Jika memendam perasaan, berarti kamu tidak memberi kesempatan bagi diri sendiri untuk menata hati dan move on. Salah satu langkah untuk segera menyembuhkan patah hati adalah dengan memberi waktu untuk ‘berduka’, terutama jika hubungan asmara sudah terjalin lama.

3. Buat Daftar Kejelekan Mantan
Mungkin terdengar kekanak-kanakan, tapi cara ini bisa efektif. Buatlah daftar kejelekan mantan kekasih, mulai dari kebiasaannya yang selalu membentak ketika bertengkar, selalu telat datang saat janjian, suka berbohong, dan sebagainya. Secara tidak langsung, kamu jadi sadar kenapa tidak harus terus bersamanya dan membuat proses penyembuhan patah hati berlangsung lebih cepat.

4. Kumpul dengan Orang-orang Terdekat
Kamu tak harus melalui masa-masa sulit ini sendirian. Ingat, kamu masih punya keluarga, sahabat dan teman-teman untuk membantu kamu melupakan si mantan dan menyembuhkan patah hati dengan segera. Ajak mereka hang out, makan-makan di restoran, karaoke, belanja, atau adakan sesi curhat dan ungkapkan semua rasa sakit hati. Bersama mereka, kamu akan lihat betapa waktu cepat sekali berlalu dan patah hati pun terlupakan.

5. Me Time
Keluar sejenak dari rutinitas harian. Ambil cuti beberapa hari, dan gunakan untuk memanjakan diri sendiri. Cari kegiatan yang paling kamu sukai, bisa dengan perawatan spa mewah atau liburan mini ke luar kota. Ketika kamu meluangkan waktu untuk fokus terhadap diri sendiri, kamu bisa lebih cepat menyembuhkan patah hati.

6. Hindari Teman-teman Mantan
Ketika ingin menyembuhkan patah hati, kamu harus menghindar dari segala hal yang mengingatkan kamu pada mantan termasuk teman-temannya. Bukan menyarankan untuk memutus tali silaturahmi, tapi hindari teman-teman mantan hanya untuk sementara waktu. Tak perlu datang jika mereka mengundang untuk kumpul atau cerita panjang lebar tentang kisah putusnya hubungan asmara kalian.

7. Coba Hobi Baru
Alihkan semua energi negatif dengan kegiatan yang positif, dan itu bisa dilakukan dengan mencoba hobi baru. Bisa dengan belajar melukis, memasak, membuat scrapbook, kursus clay-doll atau paper art. Mencoba sesuatu yang baru akan membuat kamu fokus dan cepat menyembuhkan patah hati.

(SP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here