6 Makanan Ini Akan Membantu Tidur Lebih Nyenyak

0
641

better_eat_scr2Kualitas tidur yang baik amat penting perannya bagi kesehatan. Selain berguna untuk mengisi ulang cadangan energi yang telah habis terkuras, tidur nyenyak juga berguna untuk membentuk serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Jadi, yuk kita tingkatkan kualitas tidur dengan mengonsumsi jenis-jenis makanan berikut ini:

1. Almond
Menurut Jacob Teitelbaum, MD, Direktur Medis di Fibromyalgia and Fatigue Centers, Amerika serta penulis buku From Fatigue to Fantastic, almond adalah juaranya makanan yang ampuh membuat tidur tambah nyenyak. Apa sebabnya? “Almond mengandung magnesium yang dapat membantu meredakan ketegangan otot tubuh serta membuat tidur lebih lelap. Almond juga kaya akan protein yang berguna membantu menstabilkan level gula darah dan meringankan efek hormon adrenalin yang seringkali menyebabkan kondisi sulit tidur,” ujarnya.

2. Ubi
Ubi adalah jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks yang menyehatkan. Asupan karbohidrat dapat membantu meningkatkan pelepasan hormon serotonin—hormon yang dapat menimbulkan perasaan senang dan rileks, di dalam tubuh. Dalam kondisi rileks, kamu akan lebih mudah “terbang” ke alam mimpi.

3. Pisang
“Pisang merupakan sumber potasium dan magnesium yang baik,” kata Saundra Dalton-Smith, MD, seorang internis asal Alabama, Amerika. Masih menurut Dalton-Smith, magnesium dan potasium berkhasiat meredakan ketegangan otot. Pisang juga merupakan sumber asam amino L-triptofan yang berguna merangsang pelepasan hormon serotonin dan melatonin di dalam tubuh. Hormon melatonin berguna melancarkan siklus jam tubuh, termasuk siklus tidur sehari-hari.

4. Biji-bijian
Biji-bijian seperti gandum, wijen, dan sebagainya kaya akan karbohidrat kompleks yang berguna meningkatkan level triptofan di dalam darah. Triptofan “bertugas” memicu pelepasan hormon serotonin dan melatonin yang keduanya ampuh memperbaiki kualitas tidur seseorang. Jika hendak mengonsumsi biji-bijian dalam bentuk sereal atau produk olahan lainnya, pastikan kamu memilih produk yang rendah gula supaya level gula darah tetap stabil hingga waktu tidur tiba.

5. Olahan Susu Rendah Lemak
Beraneka produk yang terbuat dari susu seperti yogurt, keju, dan tentunya susu segar, merupakan bahan pangan yang kaya akan triptofan. Bukan hanya itu, menurut Dalton-Smith, kandungan kalsium di dalam produk olahan susu rendah lemak juga efektif mengurangi level stres dan menstabilkan fungsi sel-sel saraf, termasuk sel-sel saraf yang terdapat pada otak. Sebagai nilai plus, pilih produk olahan susu rendah lemak agar kamu terhindar dari risiko obesitas.

6. Edamame
Edamame alias kedelai Jepang biasa diolah dengan cara direbus dan dikonsumsi sebagai camilan. Selain kaya protein, edamame juga mengandung triptofan yang bermanfaat memperbaiki kualitas tidur. Bukan hanya itu, edamame juga banyak mengandung asam folat yang dikenal sebagai penstabil mood alami serta mampu membantu meredakan gejala depresi.

Dengan mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut, tidur kamu akan bertambah nyenyak dan badan pun akan terasa lebih segar. Selamat bermimpi indah!

(S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here