Diposting oleh pada 27/09/2013

Secanggih dan semahal apapun ponsel pintar yang kamu miliki, tetap saja tidak akan berfungsi optimal jika koneksi WiFi atau jaringan data selulernya lemah. Masalah lemahnya sinyal koneksi WiFi atau jaringan data seluler umumnya bukan disebabkan oleh kesalahan pada perangkat.

Ini terjadi karena tidak meratanya distribusi sinyal yang diakomodasi oleh para penyelenggara jasa atau operator seluler. Sebagai contoh, di wilayah-wilayah tertentu yang belum disambangi BTS operator seluler sudah pasti akan sulit untuk melakukan dan menerima panggilan telepon serta berkirim pesan singkat (SMS). Akan jauh lebih sulit lagi untuk mendapatkan jaringan data internet.

Bagi pengguna perangkat Android, permasalahan ini bisa kamu pecahkan dengan mengunduh aplikasi penguat sinyal yang kini telah jamak tersedia di Google Play Store. Untuk memudahkan kamu, ini dia 5 aplikasi penguat sinyal gratis yang hadir bagi perangkat bersistem operasi Android.

1. Network Signal Speed Booster
Aplikasi ini berfungsi untuk mendorong performa smartphone Android kamu dalam melacak dan mendapatkan sinyal jaringan seluler yang lebih baik. Meski sejumlah pengguna menilai aplikasi ini tidak terlalu manjur untuk mengoptimalkan jaringan data internet, namun Network Signal Speed Booster cukup bisa diandalkan untuk mendukung aktivitas telepon dan pesan singkat.

2. Network Booster Free
Layaknya Fresh Network Booster, aplikasi Network Booster Free berfungsi untuk mengoptimalkan sinyal seluler yang lebih baik. Aplikasi ini diklaim mampu mengidentifikasi sinyal terbaik yang terpancar dari BTS operator seluler yang ada di sekitar kamu.

3. WiFi Booster Easy Connect
Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, WiFi Booster Easy Connect akan sangat berguna bagi kamu yang kerap memanfaatkan konektivitas WiFi. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi untuk memperkuat sinyal WiFi dan menambah kecepatan data internet. Hebatnya lagi, ukuran file aplikasi ini sangat kecil, hanya 938 KB. Sehingga tidak memerlukan ruang besar pada memori smartphone kamu.

4. WiFi OverView 360
Selain dapat memperkuat sinyal WiFi, WiFi OverView 360 juga dapat melacak lokasi terbaik untuk jaringan WiFi. Kamu dapat mengomptimalkan koneksi Wi-Fi dari informasi yang diberikan aplikasi ini, termasuk nama, kekuatan sinyal, nomor channel, dan enkripsi.

Aplikasi ini juga menyediakan grafik informasi dari semua jaringan nirkabel yang tersedia dan jangkauan operasinya. Grafik informasi ini yang akan menjadi pemandu kamu dalam menentukan koneksi WiFi mana yang terbaik di sekitar kamu.

5. Open Signal Maps
Yang satu ini adalah aplikasi untuk melacak lokasi sinyal terbaik. Open Signal Maps akan membantu kamu untuk menemukan lokasi BTS terdekat dan memberikan gambaran jangakauan daya pancara sinyal dari BTS tersebut. Kamu pun akan disajikan navigasi lokasi-lokasi mana saja yang mendapatkan suplai sinyal terbarik.

(S)

Leave a Reply